Sabtu , 16 Desember 2017
Home / POLICE NEWS / Aksi Berani Kombes Pol Halim Pagarra di Ranah Papua
IMG20170810100043

Aksi Berani Kombes Pol Halim Pagarra di Ranah Papua

IMG20170810100043

JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM –
Menurut Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengungkapkan bahwa Pojok Baca dapat menumbuhkan minat baca bagi seluruh lapisan masyarakat, selain itu mudah untuk melakukan adaptasi dengan semua masyarakat terutama di pedalaman seperti Papua.

“Kesulitan dalam komunikasi dengan masyarakat pedalaman seperti Papua sudah tentu banyak resikonya, namun dengan cara yang elegan kita pasti bisa,” ujar Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam sambutannya saat peresmian Pojok Baca Polda Metro Jaya di Daan Mogot.

Jenderal Tito mengisahkan pengalaman menarik saat ia bertugas di daerah konflik tanah Papua.

Adalah pemandangan yang lazim saat TNI-Polri masuk ke wilayah Distrik selalu terjadi kontak senjata, penolakan selalu saja terjadi hampir di semua wilayah.

“Di Papua itu keberadaan TNI-Polri pasti selalu ditolak, namun berkat ide kreatif dan inisiatif Dirlantas saat itu Kombes Pol Drs Halim Pagarra yang turun tangan menyalurkan buku-buku sekaligus turut mengajar anak-anak Papua yang tak terjamah pendidikan dapat menurunkan ketegangan antara separatis dan aparat,” terangnya.

Terbukti, setiap kali aparat turun gunung yang datang untuk mengajar selalu dalam kondisi aman, atau bahkan seperti mendapatkan pengawalan dari kelompok separatis.

IMG20170810093705

“Saya mau katakan bahwa pengaruh pendidikan dan membaca ini sangat berdampak besar sekali. Saat kami turun mengajar tak ada perasaan was-was karena seolah-olah mendapatkan pengawalan dari mereka (separatis).
Sebab mereka (Separatis) berpendapat ketika aparat diserang maka tak ada lagi guru yang mengajar anak-anak mereka,” terangnya.

Dalam usaha menumbuhkan minat baca dan mencerdaskan anak-anak Papua, akhirnya berangsur-angsur rekonsiliasipun perlahan mulai timbul.

“Lama kelamaan para murid yang pintar inilah yang mengajak orang tuanya untuk turun gunung dan bertemu dengan kami,” jelasnya. (Yori/Lis)

(Visited 772 times, 2 visits today)

Simak Juga

Kasatlantas Psr minggu

Polres Jakarta Selatan Gelar Operasi Zebra di Pasar Minggu

Oleh: Rukmana/Budi S JAKARTA, AMUNISINEWS.COM – Operasi Zebra yang di gelar jajaran Polres Jakarta Selatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *