Selasa , 16 Januari 2018
Home / NASIONAL / Antisipasi Stroke, Kodim 0816 Selenggarakan Penyuluhan Hipertensi

Antisipasi Stroke, Kodim 0816 Selenggarakan Penyuluhan Hipertensi

Oleh Tama

sosialisdasi darah tinggi

SIDOARJO,AMUNISINEWS.COM  – Guna antisipasi dan pencegahan bahaya penyakit darah tinggi maupun yang disebabkannya, Senin Tanggal 13 Nopember 2017 bertempat di aula Makodim, Personil Kodim 0816/Sidoarjo bersama jajaran dan Ibu  Persit KCK Cab. XLlll Dim 0816/ Sidoarjo kurang lebih 165 orang dan PNS melaksanakan Sosialisasi Kesehatan Hipertensi dengan Nara Sumber Dr.Puspita,  Penanggung. Jawab Teknik Medis FKTP DKT 02 Sidoarjo.

Letkol Inf Fadli Mulyono SIP,’ menuturkan,kegiatan ini merupakan wujud perhatian pimpinan dalam membangun SDM (Sumber Daya Manusia) sebagai modal pokok sebuah organisasi. “SDM bukan hanya prajurit saja tapi juga keluarganya harus dimaintenance,salah satunya menjaga kondisi kesehatannya dan keluarganya,maka hari ini kita lakukan penyuluhan kesehatan,” terang Dandim.

Dr.  Puspita menyampaikan, bahwa hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis. “Tekanan darah yang selalu tinggi merupakan salah satu faktor terjadinya Stroke, serangan Jantung,  gagal jantung,  dan juga merupakan  penyebab utama terjadinya gagal jantung kronis,” katanya.

Kapten  Inf Hendro Sugiono, SH  selaku Pasi Pers Kodim 0816/Sidoarjo juga menambahakan, kegiatan Penyuluhan Kesehatan  Hipertensi/Darah Tinggi ini diberikan kepada seluruh Prajurit Makodim dan Ibu Persit  dengan maksud dan tujuan agar  lebih mengetahui dan memahami tentang  Hipertensi.

“Dengan mengetahui dan memahami tentang penyebab,  gejala, cara pencegahan maupun cara penanggulangan Hipertensi, maka diharapkan seluruh prajurit Kodim 0816/Sidoarjo dan ibu Persit KCK Cab. XLlll Dim 0816/Sidoarjo bisa lebih menjaga kesehatan baik itu melalui pola hidup yang seimbang dan sehat,  menjaga berat badan,  olahraga dan aktivitas fisik yang teratur,  menghindari dan atasi stress, serta pengaturan diet yang tepat serta melakukan pengukuran tekanan darah secara rutin,” tambahnya.

Sementara Ketua Persit KCK Cab.XLIII Dim 0816 Sidoarjo yang juga istri dari Dandim Ibu Eny Fadli Mulyono kepada Duta Seni (13/11) mengatakan,tujuan penyuluhan ini memberikan ilmu pengetahuan untuk bahaya sakit tinggi,riwayat sakit darah tinggi..

“Kenapa ibu-ibu juga dihadirkan…?hal ini  guna bisa mencegah, karena kita kan juga tidak bisa control diluar bapak-bapak  makannya apa..? dan kalau di rumah kita kan bisa menjaganya,” ujar Ketu Persit KCK.

“Ke depan saya imbau ibu-ibu untuk memperhatikan kesehatan bapak-bapak (suami) supaya diperhatikan,kalau bisa ya olah raga,untuk keluarga besar kodim kesehatan itu penting.Kedepan saya berharap masih ada penyuluhan yang lain ,mungkin spesifik ke jantung,diabetes dan lainnya untuk hal positif yang lainnya,” ujar istri Komandan Kodim 0816 Sidoarjo saat dikonfirmasi Amunisinews.com.

Editor Hendra Usmaya

 

(Visited 12 times, 1 visits today)

Simak Juga

pamsimas-1

LSM Gebrak Akan Laporkan PPK Pamsimas di Desa Balunijuk Merawang

Oleh Roby SUNGAILIAT, AMUNISINEWS.COM–Ketua LSM Gebrak Babel Suherman Saleh akan melaporkan PPK proyek PAMSIMAS Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *