Jumat , 24 November 2017
Home / MEGAPOLITAN / Binusan jadi Contoh, Berhasil Kelola Dana Desa

Binusan jadi Contoh, Berhasil Kelola Dana Desa

Oleh: Ronimaddye

Kades desa Binusan Kab. Nunukan-Kaltara
Muhammad Untung, Kades  Binusan Kab. Nunukan-Kaltara

NUNUKAN, AMUNISINEWS.COM – Desa  Binusan, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara menjadi  salasatu contoh desa  yang  berhasil  mengelola Dana Desa (DD).

Penilaian tersebut berdasarkan  hasil investigasi  Sku/Amunisinews  di lapangan  belum lama ini.

Berbagai kegiatan terus dilakukan  seperti Bidang Pembangunan Desa yakni, Pembangunan Sekolah Paud Kusuma Bangsa yang berlokasi di Rt.10 Sei Banjar dengan ukuran 8X10M menggunakan Dana Desa sebesar Rp.144.500.000,

Pembangunan Paud Aisyah di Rt.13 Sei Apuk dengan ukuran 8X10M menggunakan Dana Desa sebesar Rp.140.760.000, dan masih banyak lagi kegiatan di bidang pembangunan desa serta di bidang Pemberdayaan Masyarakat yang terus dilakukan oleh Pemerintah Desa Binusan dengan memanfaatkan dana desa sebaik-baiknya.

Kepala Desa (Kades) Binusan  Muhammad Untung mengatakan alokasi dana desa yang disalurkan pemerintah, salasatunya digunakan untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan di bidang pembangunan desa yakni, Pembangunan Sekolah Paud Kusuma Bangsa yang berlokasi di Rt.10 Sei Banjar  dengan ukuran 8X10M, menggunakan Dana Desa sebesar Rp.144.500.000. Pembangunan Paud Aisyah di Rt.13 Sei Apuk dengan ukuran 8X10M, menggunakan Dana Desa sebesar Rp.140.760.000, Rehabilitasi Jembatan Penghubung Jeramba Kayu di Rt.04, Pembukaan Badan Jalan Penghubung wilayah Rt.15 dan Rt.10.

Menurut Kades Binusan M.Untung  selain untuk pengembangan BUMDes, alokasi dana desa juga dimanfaatkan  sebaik-baiknya untuk pembangunan infrastruktur desa. “Salasatunya adalah penyediaan Pembangunan sarana distribusi air bersih bagi masyarakat, ini merupakan salasatu contoh keberhasilan desa dalam mengelola dana desa yang dikucurkan pemerintah,” ujarnya.

Selain itu, Kades Binusan juga sangat menyayangkan dengan adanya beberapa  pekerjaan paket proyek PL dari hasil Reses yang masuk diwilayahnya, tanpa ada penyampaian terlebih dahulu dari pihak kontraktor maupun  dari instansi yang berkompenten.

Contohnya seperti pekerjaan proyek semenisasi di Sei Apuk yang telah menghabiskan dana APBD sebesar Rp.69.255.000,00, ”Saya kaget ketika ditanya, kerana memang  saya tidak  tahu kalau ada pekerjaan proyek semenisasi, dan saya berharap kedepan  kepada pihak kontraktor maupun instansi yang  berwenang sebelum memulai suatu pekerjaan proyek, setidaknya ada penyampaian sehingga kami pun tahu kalo ada pekerjaan proyek dan bisa ikut mengawasi dilapangan, ”ungkap Kades Binusan Muhammad Untung.

 

 

editor maliki hd

 

(Visited 6 times, 1 visits today)

Simak Juga

IMG_20171109_101449

Sidang Ditunda, Penggugat JGC dan Investor Kecewa

Oleh Rukmana JAKARTA, AMUNISINEWS.COM-Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur tunda sidang gugatan Erwin, kontraktor Jakarta Garden …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *