Jumat , 19 Januari 2018
Home / MEGAPOLITAN / Desa Tenigi adakan Acara Syukuran Pesta Panen Rakyat

Desa Tenigi adakan Acara Syukuran Pesta Panen Rakyat

Oleh: HariyantiHar Toli 2

Har Toli 1

TOLITOLI, AMUNISINEWS.COM – Syukuran pesta panen rakyat di Desa Tenigi  Kecamatan Galang kabupaten Tolitoli provinsi Sulawesi tengah. sekaligus membuka secara resmi pintu air daerah irigasi  yang terhubung ke desa Tende  desa Lalos kec. Galang .oleh Wakil Bupati  kab Tolitoli
H Abdul Rahman H Budding, di hadiri Anggota DPRD Sulawesi Tengah Hasan Patongai, Amran H Yayah Mantan Wabup Kab Tolitoli, Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli, Kepala Upt SDA Wilayah 1 Dinas Cipta Karya Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi  Tengah, Dandim 1305 Buol Tolitoli atau yang mewakili. Kapolres Tolitoli, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, H.Rustam rewa SP.MP. pengusaha Suardin Amsal (Bolong),  Kepala Organisasi Perangkat Daerah Terkait Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, Camat Galang,  Aspat  Bambani S.Sos, Ketua Penggerak Tim PKK Kecamatan Galang, Petugas Penyuluh Lapangan dan Mantri Tani, Kepala Desa  se- kecamatan Galang., Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda dan Masyarakat Kecamatan Galang.

Camat Galang Aspat Bambani, S.sos dalam sambutannya mengatakan Mappadendang digelar sebagai tradisi masyarakat yang di laksanakan secara turun temurun oleh Masyarkat Petani, sebagai bentuk sukacita dan syukur atas hasil panen yang melimpah, Mappaadendang dilakukan dengan cara menumbuk padi dalam lesung panjang yang di sebut palungeng menurut bahasa Bugis dengan menggunakan alat tumbuk yang biasa di sebut alu, mappadendang dimaikan oleh perempuan dan lakilaki mereka secara berpasang pasangan dan berhadapan dengan memainkan alu di tangan menciptakan irama khas mirip irama gendang petani memecah biji padi yang telah di letakkan di dalam palungeng sambil sesekali memukul badan lesung mengikuti irama.

Wakil Bupati Tolitoli Abdul Rahman H Budding, dalam sambutanya mengatakan  pangan dan kualitas sumber daya manusia adalah dua sisi yang tidak terpisahkan. pemenuhan pangan yang cukup secara kuantitas dan kualitas menjadi salah satu aspek mendasar dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.
Ketersedian pangan yang bergizi dan sehat mampu meberikan pengaruh signifikan bagi peningkatan indeks pembangunan manusia di daerah dalam mewujudkan swasembada pangan, pemerintah daerah mengalami tantangan antara lain: keterbatasan lahan pertanian karena tingginya alih fungsi lahan serta minimnya ketersediaan air untuk pertanian. disamping itu, tantangan lain yang dihadapi seperti: degradasi lingkungan, pengaruh perubahan iklim ekstrem.
Ketidakseimbangan akses terhadap sumber daya, modal dan teknologi antar wilayah, serta lokasi sentra produksi bahan pangan yang masih terpusat di beberapa wilayah, meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah, berpengaruh pada peningkatan permintaan pangan baik dari segi kuantitas, kualitas, dan keamanan pangan. Berkenaan dengan tantangan yang dihadapi tersebut, maka seyogyanya pembangunan pertanian membutuhkan kerja bersama semua pemangku kepentingan. Karena kemajuan pertanian suatu daerah dapat dicapai bila seluruh komponen yang berkompeten bergerak dan kompak untuk melakukan terobosan melalui berbagai inovasi di bidang pertanian, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga menghasilkan produksi berlimpah yang pada gilirannya memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan petani.

Wakil Bupati Tolitoli  juga berharap agar hasil panen senantiasa di syukuri  sebagai Rahmat dan Hidaya Allah SWT selain itu jangan sampai terlena namun terus berupaya meningkatkan produksi Hasil pertanian. Kepala desa Tenigi  Abd Rahim  H Pasuloi penyelengara Acara Mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah membantu sampai terlaksananya kegiatan pesta panen.

 

 

editor: maliki hd

 

(Visited 16 times, 1 visits today)

Simak Juga

IMG_20171109_101449

Sidang Ditunda, Penggugat JGC dan Investor Kecewa

Oleh Rukmana JAKARTA, AMUNISINEWS.COM-Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur tunda sidang gugatan Erwin, kontraktor Jakarta Garden …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *