Jumat , 19 Januari 2018
Home / NASIONAL / Dibuka, Rakor Dewan Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Tolitoli 2017

Dibuka, Rakor Dewan Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Tolitoli 2017

rakor pangan- toli- nasional

TOLITOLI, AMUNISINEWS.COM –Bupati Kabupaten  Tolitoli  Provinsi Sulawesi Tengah diwakili oleh  Sekretaris Daerah Drs Mukaddis Syamsuddin, M.Si membuka kegiatan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten Tolitoli yang dilaksanakan di Aula Suwot Polimpungan Sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli.

Rapat  dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi tengah, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, Asisten dan Staf Ahli Bupati Tolitoli, kepala organisasi perangkat daerah dan pimpinan unit kerja Lingkup Sekertariat Daerah Kabupaten Tolitoli, kelompok kerja tehnis dewan ketahanan pangan dan kelolompok kerja ahli dewan ketahanan pangan.

Bupati Tolitoli dalam sambutannya yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs Mukaddis Syamsuddin, M.Si mengatakan atas nama pemerintah daerah maupun pribadi dan masyarakat Kabupaten Tolitoli, dia menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta selamat datang kepada kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Tengah di Kota Cengkeh Tolitoli.

“Saya menyambut baik kegiatan yang sangat strategis  ini dalam rangka pemantapan pembangunan ketahanan pangan di Kabupaten Tolitoli, khususnya untuk membangun sinergitas berupa kebijakan dan program kerja  antara lembaga terkait,” katanya.

Menurutnya,  pangan dan kualitas sumber daya manusia adalah dua sisi yang tidak terpisahkan. Pemenuhan pangan yang cukup secara kuantitas dan kualitas menjadi salah satu aspek mendasar dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Hal ini harus terus-menerus dipersiapkan dengan baik guna menghadapi persaingan global yang semakin ketat saat ini. Oleh karena itu, pemenuhan pangan dan gizi selalu menjadi prioritas pembangunan nasional. Hal tersebut, sejalan dengan undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan mengamanatkan bahwa pemenuhan pangan sebagai kebutuhan dasar manusia menjadi tanggung jawab negara yang diselenggarakan berdasarkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan.

Ini berarti negara dan bangsa indonesia berhak menentukan kebijakan pangan secara mandiri sesuai potensi sumber daya lokal, memaksimalkan kemampuan negara dan bangsa untuk memproduksi pangan dari dalam negeri, untuk mewujudkan kondisi terpenuhinya pangan bagi negara hingga tingkat perseorangan.

Dengan demikian ditekankan bahwa pemenuhan hak atas pangan diutamakan berasal dari produksi dalam negeri sehingga kita mampu menjadi negara yang mandiri dan berdaulat serta tentu saja dengan tujuan akhir yaitu menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, khususnya di daerah tercinta

Demikian pula halnya tantangan utama dalam mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Tolitoli, dari sisi penyediaan adalah keterbatasan lahan pertanian karena tingginya alih fungsi lahan serta minimnya ketersediaan air untuk pertanian.

Di samping itu, tantangan lain yang dihadapi seperti degradasi lingkungan, pengaruh perubahan iklim ekstrem, ketidakseimbangan akses terhadap sumber daya, modal dan teknologi antar wilayah, serta lokasi sentra produksi bahan pangan yang masih terpusat di beberapa wilayah.

Meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah, berpengaruh pada peningkatan permintaan pangan baik dari segi kuantitas, kualitas, dan keamanan pangan.

Selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Tolitoli,  Bupati  mengharapkan agar melalui rapat koordinasi ini, dapat  terbangun sinergitas dan harmonisasi antar berbagai pemangku kepentingan serta seluruh aparatur terkait, untuk melaksanakan kebijakan atau program pembangunan pangan yang terencana, terarah, terpadu dan berkelanjutan, sehingga kemandirian dan ketahanan pangan dapat diwujudkan bersama. Kepada seluruh peserta rakor, saya meminta, agar melakukan evaluasi terhadap regulasi tentang pangan, dengan mengambil langkah-langkah kongkrit dalam mewujudkan ketahanan pangan agar kedepan Kabupaten Tolitoli dapat maju, mandiri dan sejahtera. (hariyanti).

 

 

 

o

 

 

(Visited 78 times, 1 visits today)

Simak Juga

pamsimas-1

LSM Gebrak Akan Laporkan PPK Pamsimas di Desa Balunijuk Merawang

Oleh Roby SUNGAILIAT, AMUNISINEWS.COM–Ketua LSM Gebrak Babel Suherman Saleh akan melaporkan PPK proyek PAMSIMAS Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *