Jumat , 24 November 2017
Home / HUKUM-KRIMINAL / e-Money Bertentangan dengan UU Mata Uang

e-Money Bertentangan dengan UU Mata Uang

Oleh Budi Setiawan

tolak e- money

JAKARTA, AMUNISINEWS.COM- – Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta), Azas Tigor Nainggolan selaku kuasa hukum dua warga Jakarta  menggugat Peraturan Bank Indonesia (PBI)  ke Mahkamah Agung (MA).

Alasannya, Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 16/8/PBI/2014 tentang Perubahan Atas PBI Nomor 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik atau e-Money bertentangan dengan UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Sehingga praktek penggunaan uang elektronik itu ilegal.

Pengguna layanan tol dan bus Transjakarta, Normansyah (41) dan Tubagus Haryo Karbyanto (48) melalui kuasa hukumnya Fakta mengajukan permohonan Keberatan atas PBI ke MA melalui permohonan Judicial Review (JR).

“Kami telah mendaftarkan upaya Uji Materil kepada Mahkamah Agung Republik Indonesia karena Peraturan Bank Indonesia nomor 16/8/PBI tentang Uang Elektronik bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi yakni UU RI nomor:7 tahun 2011 tentang Mata Uang,” ujar Azas Tigor, Rabu (11/10).

Mereka, kata Azas Tigor, meminta agar MA untuk menjatuhkan putusan dengan amar menerima dan mengabulkan permohonan ini secara keseluruhan. Kemudian menyatakan PBI Nomor 16/8/PBI/2014 tentang Perubahan Atas PBI Nomor 11/12/PBI/2009 Tentang Uang Elektronik tidak sah atau tidak berlaku secara umum.

Dengan peraturan baru BI ini, pelbagai fasilitas publik seperti Layanan Jalan Bebas Hambatan (tol), Layanan Transportasi Bus Transjakarta dan lain sebagainya menolak adanya transaksi pembayaran tunai. Praktek kebijakan ini kata Azas Tigor telah mendiskriminasi warga yang hendak melakukan transaksi pembayaran dengan uang tunai.

Hal ini, katanya,  telah menimbulkan keresahan dan pertanyaan dalam masyarakat tentang keberadaan Undang-undang Mata Uang yang hanya mengatur rupiah dalam bentuk kertas dan logam. Sebab masyarakat yang menggunakan rupiah untuk transaksi pembayaran selain didiskriminasi juga dibingungkan serta dipaksa untuk tidak mengunakan uang rupiah,” papar Azas Tigor.

Editor Hendra Usmaya

(Visited 23 times, 1 visits today)

Simak Juga

polsek jebus

Polsek Jebus Ungkap Pelaku Pencurian, Pelaku Masih di Bawah Umur

Oleh Herman Saleh MUNTOK, BABEL, AMUNISINEWS.COM-Polsek Jebus Polres Bangka Barat berhasil mengamankan pelaku pencurian di …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *