Jumat , 24 November 2017
Home / NASIONAL / KSOP Imbau Nahkoda Waspadai Cuaca Buruk Saat Berlayar

KSOP Imbau Nahkoda Waspadai Cuaca Buruk Saat Berlayar

Oleh Suherman Saleh

KSOP- herman

PANGKALPINANG,BABEL,AMUNISINEWS.COM—- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau nakhoda mewaspadai perubahan cuaca di laut yang tidak menentu karena dapat membahayakan keselamatan kapal.

“Saat ini kondisi perairan sulit diprediksi, terkadang gelombang normal dan tiba-tiba memburuk yang membahayakan keselamatan kapal,” kata Kepala KSOP Pangkalbalam, Izuar Melalui Kasubsie Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP, Harlansyah, SH, Rabu (11/10/3017).

Berdasarkan laporan nakhoda kapal, kata dia, cuaca di perairan Bangka Belitung sulit diprediksi, misalnya tinggi gelombang normal kisaran 2 meter dan tiba-tiba saja gelombang meningkat 3 hingga 4 meter yang disertai angin kencang.

“Kami kurang tahu pasti penyebab perubahan cuaca yang cukup ekstrim ini,” ujarnya.

Ia mengatakan hingga saat ini keberangkatan dan kedatangan kapal serta aktivitas di pelabuhan masih berjalan normal dan lancar.

“Saat ini belum ada penundaan keberangkatan kapal akibat cuaca buruk,” katanya.

Namun demikian, kata dia, diimbau nakhoda kapal untuk meningkatkan kewaspadaan selama perjalanan menuju tujuan. Apabila kondisi cuaca berubah buruk, nakhoda diharapkan mencari pulau-pulau terdekat untuk berlindung.

“Kami berharap para nakhoda kapal saling berkomunikasi untuk mengetahui perkembangan cuaca di perairan, sehingga perubahan cuaca buruk ini dapat diantisipasi,” ujarnya.

Ditambahkannya, Kalau berdasarkan prakiraan tinggi gelombang dari BMKG, kondisi cuaca di perairan masih aman untuk pelayaran kapal, namun demikian, nakhoda harus tetap mewaspadai perubahan cuaca buruk yang datang secara tiba-tiba demi keselamatan penumpang kapal.

 

Editor Hendra Usmaya

(Visited 10 times, 1 visits today)

Simak Juga

Ketua tim eksekusi, Ketua BPI, Kasi Intel Kejari Papua, Ketua LSM dan wartawan.

LSM WGAB dan BPI Desak Sekda Kota Jayapura Segera Dieksekusi

Oleh: Tim JAYAPURA, AMUNISINEWS.COM–Kepala Badan Penelitan Independen Kekayaan Penyelengara Negara dan Pengawasan Angaran Republik Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *