Selasa , 16 Januari 2018
Home / BISNIS-EKONOMI / KUPT Bluluk dan Tikung Jual Bibit Bersubsidi Tidak Sesuai HET

KUPT Bluluk dan Tikung Jual Bibit Bersubsidi Tidak Sesuai HET

Oleh Tim Biro Lamongan

biit bersubsidi- jatimLAMONGAN,AMUNISINEWS.COM- Tindakan nakal pejabat yang mestinya bertugas untuk membantu meringankan beban para petani ternyata masih saja terjadi di kecamatan Bluluk, Lamongan,  Jawa Timur.

Bibir bersubidi Rp 2500 itu sudah sesui aturan dan undang- undang.  Sementara di kecamatan  Bluluk UPT Pertanian Bluluk dapat 1500 hektare, perhektar nya 25 kg. Yang menjadi permasalahan bibit gabah sekitar 37.500 ton dijual denga harga Rp 3500 /kg ke petani.

Ternyata masih saja terjadi kepala UPT cari untung KUPT Bluluk dapat Rp1000 /kg  UPT Dinas Pertanian  Kecamatan Bluluk, yang menjual benih padi bersubsidi jenis benih padi unggul Ciherang kepada anggota kelompok tani (Poktan) jauh di atas HET.

Sesui informasi dari sumber, hal serupa terjadi di KUPT Tikung. Bibit disini  juga dijual dengan harga yang melebihi batas HET.

Padahal di wilayah ini  luas tanah 2600 hektar jadi bibit yg diajukan dapat 65 ton. Tapi,  gabah dijual dengan harga Rp 5000 /kg.

Sementara itu, Kepala UPT Disperta Kecamatan Bluluk, Prapto saat diklarifikasi mengaku  kelompok tani di dusun Dong De desa Kuwu Rejo, harga per 10 kilo dikenakan 35 ribu. Per-kg dapat Rp 1000 itupun dibuat ongkos transportasi.

Benih padi Ciherang itu telah dijual dengan harga di atas HET yang jelas melanggar aturan dan KUPT Bluluk dapat untung dari rekayasa bibit.

 

 

 

editor: Hendra Usmaya

 

 

(Visited 6 times, 1 visits today)

Simak Juga

wajib pajak panutan

Pemkab Sidoarjo Beri Penghargaan bagi WP

Oleh Nugroho/ Tama SIDOARJO, AMUNISINEWS.COM- 10 perusahan di Kabupaten Sidoarjo mendapatkan penghargaan Wajib Pajak Panutan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *