Jumat , 24 November 2017
Home / HUKUM-KRIMINAL / Pelaku Penggelapan Barang Bukti di Rupbasan Akhirnya Ditahan Kejari Pangkalpinang

Pelaku Penggelapan Barang Bukti di Rupbasan Akhirnya Ditahan Kejari Pangkalpinang

Pelaku Dikenakan UU Tipikor Dan Terancam 20 Tahun Penjara
Oleh Herman Saleh
IMG-20171111-WA0000
PANGKALPINANG, AMUNISINEWS.COM— JS yang merupakan pelaku penggelapan Barang Bukti berupa Timah Balok di Rupbasan Pangkalpinang ahirnya ditahan oleh Kejaksaan Negeri Pangkalpinang di Rutan Tua Tunu Pangkalpinang, Kamis (9/11/2017).
JS adalah mantan Kepala Rupbasan Pangkalpinang itu dikenakan pasal U U Tipikor oleh  penyidik Kejaksaan Negeri Pangkalpinang.
Berdasarkan pantauan amunisinews.com di Kantor Kejaksaan Negeri Pangkalpinang tadi pagi Kamis (9/11) JS sempat diperiksa sebagai tersangka oleh penyidik Kejari Pangkalpinang.
” Hari ini jam 13.00 secara resmi Penyidik Tipikor Kejari Pangkalpinang telah melakukan penahanan terhadap tersangka JS yang diduga telah melakukan penggelapan barang bukti timah balok sebanyak 1,6 ton  yang telah dititpkan di rupbasan oleh Kejari Pangkalpinang pada Sepetember lalu. Dan tersangka di taham dalam jangka waktu 20 hari, ” ungkap Plt Kajari Pangkalpinang, Meiza Khoirawan melalui Kasi Intelijen, Hendi Arifin usai penahanan dilaksanakan.
Dikatakannya, dalam melakukan aksinya modus tersangka adalah dengan cara menukar barang bukti balok timah cetakan rumahan dengan timah yang sudah tidak ada SN nya lagi.
” Untuk BB yang asli sendiri diduga sudah dijual oleh tersangka. Sampai saat ini tersangka baru satu orang yang kita tetapkan, nanti bakal ada penambahan tersangka atau tidak kita lihat saja dari hasil pemeriksaan lebih lanjut,” jelasnya
Diakui Hendi saat ini penyidik sudah mengantongi nama siapa yang menjadi penadah dari penjualan BB tersebut.
” Pembeli sendiri sementara ini masih kita kejar dan lacak, namun identitasnya sudah kita kantongi akan tetapi saat ini belum bisa saya beberkan, ” tegasnya.
Selanjutnya Hendi juga mengatakan dari perhitungan penyidik tipikor Kejari Pangkalpinang kerugian negara yang ditimbulkan akibat perbuatan JS ini di tafsir sekitar 400 juta rupiah.
“Dari keterangan ahli kerugian negara sampai dengan 400 juta rupiah. Atas perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 2 dan 3 Undang Undang Tipikor dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara, ” pungkasnya.
Editor Hendra Usmaya
(Visited 16 times, 1 visits today)

Simak Juga

polsek jebus

Polsek Jebus Ungkap Pelaku Pencurian, Pelaku Masih di Bawah Umur

Oleh Herman Saleh MUNTOK, BABEL, AMUNISINEWS.COM-Polsek Jebus Polres Bangka Barat berhasil mengamankan pelaku pencurian di …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *