Sabtu , 16 Desember 2017
Home / NASIONAL / Pemda Apresiasi Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa Gunakan Siskeudes

Pemda Apresiasi Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa Gunakan Siskeudes

Oleh Jecko Poetnaroeboen

JECKO PUTRABUNUN- NASIONL

LANGGUR, AMUNISINEWS.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara mengapresiasi kegiatan sosialisasi Pengelolaan Dana Desa yang melibatkan unsur Pimpinan TNI – Polri, P\pimpinan DPRD, pimpinan SKPD dan Kepala / Peajabat Ohoi.

Tema “Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa Mengunakan Siskuedes Di Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2017 Menuju Tata Kelola Keuangan Desa Yang Bersih, Transparan dan Akuntabel”

Kegiatan sosialisasi sistem keuangan desa (Siskuedes) yang disampaikan langsung oleh  RI Provinsi Maluku, Kepala Sub Auditorat BPK Perwakilan Maluku beserta Staf, dan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Maluku di Hotel Grand Villia Langgur, Senin (13/11).

Sambutan Bupati Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun yang disampaikan oleh Wakil Bupati Drs. Yunus Serang. M. Si, mengatakan bahwa Sistem Informasi Keuangan Desa yang dikenal dengan sebutan siskeudes adalah sistem yang dirancang dengan mengunakan ilmu pengetahuan dan teknologi (IT) bertujuan untuk menyederhanakan Pengelolaan Keuangan Ohoi secara sistematis, sederhana, mudah, transparan dan bertangung jawab sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Untuk itu, Pengelolaan seperti ini dapat memudahkan Pengelola Dana Ohoi secara tertib, transparan serta mampu dipertangung jawabkan sesuai sistem menejemen moderen untuk mendorong pemerintah dalam Apilikasi Keuangan Desa / Ohoi yang tepat simple,” katanya.

Lebih lanjut, Kementrian Dalam Negeri bekerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembagunan (BPKP) RI telah merumuskan dan menerapkan sistem Informasi Keuangan Desa atau Siskeudes dalam Pengelolaan Keuangan dana Desa atau Ohoi.

Ir. Andreas Rentanubun menambahkan kabupaten malra terdiri dari 192 Desa / Ohoi telah mengunakan Siskeudes (Sistem Informasi Keuangan Desa), jadi kabupaten maluku tenggara sudah 100 % menggunakan Siskeudes dalam pengelolaan keuangan desa dan hal ini dapat mempermudah para Kepala Ohoi dan perangkat – nya dalam menata keuagan Desa.

Harapan Ir. Anderias Rentanubun, bahwa kedepan dengan adah nya sosialisasi keuangan desa dapat bermanfaat untuk Kepala / Pejabat Ohoi dalam Pengelolaan Keuangan Desa dengan sebaik – baiknya.

Turut ikut serta hadir sebagai Narasumbur dalam kegiatan Sosialisasi Siskeudes adalah ; Edison Betaubun, SH, MH dari unsur Pimpinan DPR RI, Direktur Kuangan BPK RI Provinsi, Gubernur Maluku yang diwakili oleh Asisten 1, Kepala Sub Auditorat BPK Perwakilan Maluku dan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Maluku.

 

Editor Hendra Usmaya

 

(Visited 23 times, 1 visits today)

Simak Juga

pamsimas-1

LSM Gebrak Akan Laporkan PPK Pamsimas di Desa Balunijuk Merawang

Oleh Roby SUNGAILIAT, AMUNISINEWS.COM–Ketua LSM Gebrak Babel Suherman Saleh akan melaporkan PPK proyek PAMSIMAS Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *