Jumat , 19 Januari 2018
Home / NASIONAL / PT.WHW Milik PMA Buang Sampah ke Tanah Warga

PT.WHW Milik PMA Buang Sampah ke Tanah Warga

Oleh: Dedy Sumarni

Dok: Mediasi antara Warga dan PT.WHW serta Dok Junai di tanah miliknya
Mediasi antara Warga dan PT.WHW serta  Junai di tanah miliknya

KETAPANG, AMUNISINEWS.COM – Perusahan orang asing Bejing PT.Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW AR) di Dusun Cilingan, Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat dinilai bermasalah.

Pasalnya masyarakat Desa Cilingan menyesalkan perusahan asing  milik Cina atau Bejing melakukan perbuatan dengan unsur kesengajaan memancing kemarahan warga setempat membuang  kotoran tanpa diketahui oleh pemilik tanah masyarakat setempat.
Dikatakan Junai kepada Amunisi pada 15/10/2017, bahwa perubahan tersebut sudah berulang kali dilakukan PT.WHW

“Kami laporkan pada pihak berwajib namun semua tak ada kepastian penanganan kasusnya terhadap pembuang limbah ke tanah masyarakat sehingga kami sebagai warga pribumi dirugikan sepihak, tanah yang kami miliki turun temurun tidak bisa diolah untuk ditanami lagi jenis apapun,’ katanya.

Kotoran dan barang bekas dari PT.WHW seperti gundukan gunung, di tanah yang dulu subur sekarang menjadi tandus karena tumpukan sampah dan limbah.

‘’ PT.WHW melakukan perbuatan sewenang-wenang tidak pandang dampak serta akibatnya terhadap warga setempat. Anehnya, pemerintah Ketapang dibuat diam dinina bobokan sehingga tidak berdaya. Kekuasaan sudah diambilalih oleh warga asing Bejing,” tutur Junai.

Junai Cs, meminta pertanggung jawaban manajemen PT.WHW dengan melaporkan kepada Danramil dan Kapolsek Kendawangan AKP Indra Asrianto, SH.

Dengan sikap tanggap unsur Muspika mempertemukan warga dan manajemen PT.WHW.

Kapolsek dan Danramil mengambil sikap tegas agar permasalahan ini dapat di pertanggungjawabkan oleh PT.WHW.

Kepala Adat Dayak di Desa Cilingan akan mengenakan hukum adat terhadap PT. milik warga asing tersebut bila waktu 2O tidak ada kepastian.

Sukirman menyampaikan jangan mereka dipermainkan dan mengundang emosi. “Kalau tanah kami dirampok kami akan mengambil hukum rimba,” katanya.

Manajemen PT.WHW Situmorang mengatakan no coment.

 

editor: maliki hd

 

 

(Visited 30 times, 1 visits today)

Simak Juga

pamsimas-1

LSM Gebrak Akan Laporkan PPK Pamsimas di Desa Balunijuk Merawang

Oleh Roby SUNGAILIAT, AMUNISINEWS.COM–Ketua LSM Gebrak Babel Suherman Saleh akan melaporkan PPK proyek PAMSIMAS Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *