Jumat , 22 September 2017
Home / MEGAPOLITAN / RUBRIK KESEHATAN: BIDURAN?

RUBRIK KESEHATAN: BIDURAN?

APA PENYEBABNYA,?

dr Marrietta Sugiarti Sadeli
     dr Marrietta Sugiarti Sadeli

Oleh: dr. Marrietta Sugiarti Sadeli

JAKARTA, AMUNISINEWS.COM – BIDURAN, yang dikenal dengan istilah Urtikaria, hives, gatal-gatal, atau kaligata adalah reaksi peradangan yang terjadi pada bagian atas lapisan dermis kulit yang berupa reaksi terhadap bermacam-macam sebab, biasanya disebabkan oleh suatu reaksi alergi, yang mempunyai ciri-ciri berupa kulit kemerahan dengan sedikit bengkak atau penonjolan kulit berbatas tegas yang timbul secara cepat setelah dicetuskan oleh faktor pemicu dan menghilang secara perlahan-lahan.

Biduran biasanya terjadi saat adanya rangsangan yang menyebabkan alergi masuk ke dalam aliran darah, sel yang ada di kulit akan mengikat suatu zat yang akan menyebabkan peradangan. Zat ini akan menyebabkan bermacam-macam reaksi alergi salahsatunya biduran.

Biduran dikategorikan berdasarkan durasinya. Apabila gejalanya hilang dalam waktu kurang dari 6 minggu, maka kondisi ini dikategorikan sebagai kondisi akut; dan. apabila  gejala tidak hilang selama lebih dari 6 minggu, maka kondisi ini dikategorikan sebagai kronis.

Penyebab biduran diduga ber-macam-macam, diantaranya : Obat (antibiotik, obat anti peradangan, dan aspirin), Makanan (kacang, makanan laut, telur, dan susu), Faktor lingkungan (perubahan suhu panas atau dingin, sinar matahari, dan kualitas air), Gigitan/sengatan serangga, Inhalan, Trauma fisik, Infeksi (bakteri, virus), Stress, dan Karena penyebab yang sangat Genetik bermacam-macam terkadang sulit menemukan penyebab utamanya.

Pengobatan biduran akut pada umumnya lebih mudah, dapat diatasi dan kadang-kadang sembuh sendiri tanpa pengobatan. Pengobatan dapat ditujukan pada penghindaran faktor penyebab dan pengobatan ge-jala yang timbul. Segera periksakan diri ke dokter bila terdapat kesulitan bernafas, tidak sadarkan diri, gejala terjadi pada seluruh tubuh dan tidak kunjung membaik.

Semoga bermanfaat

 

 

(Visited 10 times, 1 visits today)

Simak Juga

komisi 2 dprd tinjau bantar gebang- megapolitan

Asep Tanggapi Dingin Tudingan Tak Becus Urus TPST Bantar Gebang

BEKASI, AMUNISINEWS.COM – Kepala UPST Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto  Dituding tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *