Sabtu , 16 Desember 2017
Home / RAGAM / Tarian Tamar Rubil Meriahkan Karnaval Awali FBMKT 2017

Tarian Tamar Rubil Meriahkan Karnaval Awali FBMKT 2017

Oleh Jecko Poetnaroeboen

tarian tamar- nasional

TUAL, AMUNISINEWS.COM – Kegiatan Karnaval Budaya yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Tual guna bertujuan untuk menggawali Festival Budaya Marren Kota Tual (FBMKT) 2017 yang melibatkan unsur Pimpinan TNI – Polri, Pimpinan SKPD, pimpinan DPRD Kota Tual, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh pemuda.

Pelepasan peserta karnaval budaya oleh pemerintah Kota Tual dimulai dari titik start kantor walikota Tual dan finish di Lapangan Lodar El kota tTual, Kamis (9/11).

Sesuai dengan pantauan Amunisinews karnaval budaya ini melibatkan seluruh siswa – siswi dari tingkatan Sekolah Menegah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan SMK Se – Kota tual.

Turut ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan Karnaval yang diselenggarakan oleh Pemerintah kota tual yakni perwakilan dari salah satu komunitas “Tabaos Mayek Nuhu Yuut” yang menampilkan Tarian Tamar Rubil dan di perankan oleh Generasi Muda Ohoiel.

Tarian Tamar – Rubil (Tamar yang artinya : Panah sedangkan Rubil yang artinya : Busur), dan Tarian ini sendiri biasa – nya dikenal dengan Tarian Panah atau Perang karena tarian ini hanya digunakan khusus pada saat perang.

Selain itu, peserta karnaval mulai dari kerukunan keluarga Toraja, Bugis, Tanimbar, Sumatra, Ternate dan Jawa turut berpartisipasi dalam seluruh kegiatan yang dimaksud.

Peserta Karnaval ini di mulai dari kantor walikota tual, peserta berjalan kaki dan juga dengan mengunakan mobil – mobil yang dihias khas adat setempat dan daerah lainnya. Para peserta melintasi ruas jalan jenderal sudirman, peserta juga melintasi depan SMP N 1 tual dan peserta karnaval akan berjalan menuju Lapangan Lodar El kota tual.

Terlihat jelas bahwa antusias dan partisipasi masyarakat kota tual yang dari sejak pagi hari sudah mengantri di sepanjang ruas jalan yang nanti – nya akan di lewati oleh peserta karnaval.

Informasi yang dihimpun media ini yakni sebanyak kurang lebih 85 rombongan karnaval turut serta berpartisipasi dalam kegiatan karnaval sebagai acara pembukaan Festival Budaya Marren Kota Tual (FBMKT) 2017 yang di selenggarakan oleh pemerintah kota Tual.

 

Editor : Hendra Usmaya

(Visited 82 times, 1 visits today)

Simak Juga

Ramah tamah bersama tim redaksi dan jajarannya, AAzis, Syaiful, ust Samsuddin

Habib A.A Assegaf, Kunjungi UMKM Kotatua Pusat Souvenir dan Kuliner

Oeh: Tim redaksi JAKARTA, AMUNISINEWS.COM – Habib Ahmad Alwi Assegaf sebutan lazimnya, ia penerus pengelola …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *