Sabtu , 16 Desember 2017
Home / HUKUM-KRIMINAL / Tiga Kapal Trawl Tertangkap di Kundi Bangka Barat

Tiga Kapal Trawl Tertangkap di Kundi Bangka Barat

Oleh Herman Saleh

trawl- herman

MUNTOK,BABEL,AMUNISINEWS.COM–Tiga Kapal Trawl tertangkap tim gabungan Direktorat Pol Air Polda Babel dan Sat Pol Air Polres Bangka Barat pada Sabtu (18/11/2017)  sekira jam 15.25 wib pada Koordinat 2° 10′ 684″ S dan 105° 27′ 297″ E di perairan Bukit Terak Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat.

Sejumlah ABK Trawl yang diamankan tim gabungan Direktorat Pol Air Polda dan Sat Pol Air Polres Babar itu diminta membuat surat perjanjian di antaranya

Sandika Nahkoda Kapal Sandika Als.Ikuk Bin Usman (23 ) warga dusun 1 desa Kuala Sugihan kecamatan Muara Sugihan kabupaten Banyuasin prov Sumsel,

Tanpa Nama nahkoda kapal Agus Als.Oga Bin M.Ali (20)Warga Dusun 1 desa Kuala Sugihan kecamatan Muara Sugihan kabupaten Banyuasin provinsi Sumsel.

Z Nakhoda Sudirman Als.Nang Bin Con (37) warga Dusun 1 desa Kuala Sugihan kecamatan Muara Sugihan kabupaten Banyuasin provinsi Sumsel. Di mana point utama dalam surat perjanjian tersebut, mereka tidak lagi beroperasi diwilayah perairan Muntok.

Surat pernyataan tersebut dibuat di kantor Desa Bukit Terak, Kecamatan Simpang Teritip disaksikan perangkat Desa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat dan kelompok nelayan setempat, Sabtu (19/11/2017) tadi malam.

Kasat Pol Air Polres Bangka Barat Iptu Bambang Bekti seizin Kapolres Bangka Barat menjelaskan sejumlah ABKkapal trawl ini tidak bisa dipidana lantaran masuk kategori trawl mini dengan kapasitas mesin dibawah 10 GT.

Sehubungan dengan surat edaran dari kementerian kelautan dan perikanan RI nomor : B.664/DJPT/PI.22D/VI/2007 tentang perpanjangan masa peralihan alat penangkapan ikan pukat tarik dan pukat hela di wilayah pengelolaan perikanan negara RI yang meminta mereka dalam setahun ini menggantikan alat tangkapan sesuai aturan Kementrian Kelautan Perikanan (KKP)

“ABK hanya membuat surat pernyatan tidak lagi beroeparsi di perairan Muntok. Karena  Untuk Trawl mini ini masih abu-abu dilarang atau tidaknya. Apalagi mereka pakai mesin dibawah 10 GT. Selain itu  mereka dikasih waktu setahun untuk mengganti alat tangkap sesuai aturan KKP,” ujar Kasat Polair Seizin Kapolres AKBP Hendro Kusmayadi S.Ik

Editor Hendra Usmaya

 

 

 

(Visited 19 times, 1 visits today)

Simak Juga

Kapolres Takalar, AKBP Gany Alamsyah Hatta

Polres Takalar Usut Kasus Dugaan Korupsi Dana KORPRI

Oleh: Tim/Hamzahr S TAKALAR, AMUNISINEWS.COM – Kepolisian resort (Polres) Takalar melalui Tim Tipikor mulai melakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *