Pimpinan Alkel DPD RI 2021-2022 Melalui Musyawarah Mufakat

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menggelar pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan (Alkel) DPD RI periode 2021-2022. Pemilihan Pimpinan Alkel ini berlangsung secara dinamis melalui mekanisme musyawarah mufakat.

Dipimpin langsung Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Wakil ketua DPD RI Nono Sampono, Mahyudin, dan Sultan B Najamudin.

LaNyalla saat memimpin pemilihan Komite III DPD RI mengatakan, semua pimpinan dipilih terlebih dahulu dari sub wilayah masing-masing yaitu Barat 1, Barat 2, Timur 1, dan Timur 2.

Kemudian baru dilakukan pemilihan ketua dan wakil ketua di masing-masing Alkel utama Komite dan non Komite.

“Pemilihan ini dilakukan baik fisik maupun virtual melalui musyawarah mufakat dan dapat kita selesaikan Ketua dan Wakil Ketua Alat Kelengkapan DPD RI,” ucap LaNyalla  di Gedung DPD RI Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (19/8/2021).

Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono usai memimpin rapat pemilihan Pimpinan Komite I mengatakan dalam memelihara momentum, bahwa pemilihan Alkel DPD RI terjadi setiap tahun. Menurutnya 80 persen Pimpinan Alkel DPD RI merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya.

“Bisa dikatakan 80 persen Ketua dan Wakil Ketua Alat Kelengkapan DPD RI masih yang lama. Ada juga pergeseran pimpinan, namun ini sebuah dinamika,” terangnya.

Selain itu, Wakil Ketua DPD RI Mahyudin menjelaskan pergantian Pimpinan Alkel DPD RI merupakan hal yang biasa. Pergantian Alkel DPD RI memang dilakukan empat kali dari tahun pertama hingga ke empat.

“Sebenarnya pergantian ini hal biasa, namun anggota lama boleh kembali dipilih. Sama seperti di DPR RI sering terjadi pergantian di fraksi,” tegas dia.

Di kesempatan berbeda, Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin mengutarakan pemilihan Alkel DPD RI memang sedikit berbeda dengan DPR RI. Bila DPR RI mekanismenya ada di fraksi-fraksi, sementara DPD RI karena tidak mengenal fraksi maka secara otomatis hak anggota mengacu pada tata tertib berlaku.

“Tata tertib DPD RI memang dirancang untuk memungkinkan pergantian atau begilir pimpinan alat kelengkapan. Namun semua itu sepanjang musyawarah mufakat atau kesepakatan bersama,” paparnya. (Rilis)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Penguatan DPD Ciptakan Dorongan dalam Memperjuangkan Aspirasi Daerah

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan jika DPD merupakan sebuah lembaga perwakilan daerah yang memiliki peran sangat besar dalam...

Berita Lainnya