Jangan Abaikan Permintaan Vaksin dari Pemerintah Daerah

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mendukung penuh instruksi Presiden Jokowi yang meminta kepada para kepala daerah khususnya Bupati dan Wali kota, melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 dalam mempercepat terwujudnya herd immunity.

“Sangat setuju, kita apresiasi perhatian penuh dan tulus dari Pak Jokowi untuk menyelamatkan kita anak bangsa ini,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (21/8/2021).

Namun, instruksi tersebut diharapkannya harus diiringi dengan percepatan distribusi vaksin oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah (Pemda). Karena instruksi itu berlaku kepada seluruh daerah, tidak hanya daerah di Pulau Jawa dan Bali saja.

“Namun Pemerintah Pusat mesti mendistribusikan vaksin sesuai permintaan daerah dan dilakukan secara transparan. Instruksi tersebut jelas berlaku bagi seluruh kepala daerah termasuk di Provinsi Sumatera Utara (Sumut),” ungkapnya.

Menurut anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Sumut III itu, salah satu kunci percepatan vaksinasi dapat dilakukan jika Pemerintah Pusat bertindak lebih sigap membangun koordinasi dan komunikasi dengan seluruh Pemda, pada pelaksanaan distribusi vaksin ke daerah.

“Sehingga tidak boleh ada permintaan vaksin dari Pemda yang diabaikan dengan alasan stok vaksin kosong,” terangnya.

Selain itu, Jumimart juga mengkritisi masalah tidak jelasnya koridor tata cara mendapatkan vaksin bagi Pemda di tingkat Kabupaten/Kota. Di mana hal tersebut menjadi kendala bagi para Kepala Daerah, untuk mendapatkan stok vaksin.

“Yang belum jelas dan bisa jadi masalah, pertanyaannya ke mana para kepala daerah meminta vaksin itu? Apakah bisa langsung ke Pemerintah Pusat atau tetap melalui Pemerintah Provinsi. Ini adalah kendala yang dialami para Kepala Daerah selama adanya vaksinasi ini,” paparnya. (Rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Sekretariat Jenderal DPD Selenggarakan Donor Darah di Hari Jadi ke-17

Menyambut Hari Jadi ke-17 DPD RI, Sekretariat Jenderal menyelenggarakan donor darah. Kegiatan ini diikuti oleh Anggota DPD, beserta Sekretaris...

Berita Lainnya