Terapkan Kebijakan Khusus untuk Provinsi Termiskin di Wilayah Timur

Papua, Papua Barat, NTT, Maluku, dan Sulawesi Tengah menjadi provinsi termiskin di Indonesia Timur. Berdasarkan data BPS, kemiskinan menjerat provinsi tersebut bukan satu atau dua tahun terakhir, melainkan puluhan tahun,

“Setelah pengesahan revisi UU Otsus Papua, kita berharap pemerintah juga memberikan perhatian penuh berupa kebijakan khusus pada Kawasan Indonesia Timur lainnya. Hal ini karena sejumlah provinsi di Indonesia Timur lainnya masih sangat tertinggal, miskin dan terbelakang,” kata Wakil Ketua I Komite I DPD RI Filep Wamafma  dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Selasa (24/8/2021).

Senator dari Papua Barat ini menambahkan, “Saya jujur ya, merasakan sekali bagaimana setiap membaca hasil data BPS terkait kemiskinan di Kawasan Indonesia Timur. Sejak puluhan tahun, tidak ada perubahan.”

Disebutkan, kebijakan untuk Kawasan Indonesia Timur harus menjadi perhatian khusus mengingat kesenjangan sosial yang kian hari makin nampak.

“Kalau sudah miskin puluhan tahun, itu artinya sudah kronis. Maka perlu kebijakan struktural yang bertujuan memberikan akses yang lebih besar kepada sumber-sumber ekonomi,” jelas Filep.

Saat ini RUU Daerah Kepulauan telah masuk dalam daftar prolegnas prioritas DPR RI yang diusulkan DPD RI. (Rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Kanti W Janis: Koperasi Pilihan Utama Mewadahi Proses Kreatif dan Hasilnya

Penulis dan advokat Kanti W Janis mengatakan, badan usaha berbentuk koperasi dapat menjadi solusi bagi para penulis yang selama...

Berita Lainnya