Blibli Menekankan Pentingnya Kolaborasi untuk Berdayakan UMKM

Salah satu e-commerce lokal, Blibli, menekankan pentingnya kolaborasi multisektoral untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), sehingga Indonesia dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi serta mencapai pertumbuhan ekonomi inklusif. Blibi pun, bersama Harian Kompas dan Boston Consulting Group (BCG) melakukan riset “Digitalisasi UMKM – Kunci Pertumbuhan Inklusif Perekonomian Indonesia”.

Riset mempelajari perkembangan mitra UMKM Blibli untuk mendapatkan potret terkini dari sektor UMKM, termasuk aneka tantangan yang dihadapi UMKM serta kesempatan yang dihadirkan oleh teknologi digital, terutama e-commerce. Penyusunan riset ini diapresiasi pemerintah, yang menempatkan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional, seperti yang diungkapkan oleh Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir.

“UMKM di Indonesia saat ini menjadi kontributor terbesar dalam lapangan kerja dan memiliki peran besar dalam meningkatkan kualitas angkatan kerja. Menjaga dan meningkatkan kualitas UMKM ini juga menjadi fokus BUMN. Hadirnya teknologi serta platform digital tentunya akan memudahkan kita untuk mendukung pertumbuhan UMKM. Semua ini sejalan dengan harapan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan ekonomi digital Indonesia,” ujar Bapak Erick Thohir, yang dikutip dari pernyataan tertulis resmi Bibli, Sabtu (28/8/2021).

CEO Blibli Kusumo Martanto menyebutkan Blibli, sebagai e-commerce lokal yang mendukung lebih dari 130 ribu UMKM, telah menyaksikan bagaimana setiap UMKM telah menciptakan value chain yang berharga bagi ekonomi. Di hulu, UMKM menyerap hasil produksi para penyedia bahan mentah. Kemudian, UMKM membuka lapangan kerja bagi komunitas sekitar saat proses pembuatan produk dan pengoperasian bisnis. Lalu di hilir, mereka memunculkan kesempatan usaha baru bagi distributor dan pedagang eceran yang membawa produk UMKM ke pasar-pasar di seluruh Indonesia.

Riset menunjukkan 77% dari responden UMKM mempekerjakan orang-orang dari komunitas mereka, di mana satu UMKM dapat memunculkan hingga 5 kesempatan di lapangan kerja setempat. “Temuan tersebut menekankan peran penting yang dimainkan UMKM bagi ekonomi Indonesia yang inklusif. Maka itu, sangatlah tepat bagi semua sektor untuk berkolaborasi untuk menjaga keberlangsungan UMKM terutama di tengah pandemi,” paparnya.

Selama 10 tahun, Blibli memberikan pendampingan intensif bagi UMKM melalui berbagai cara, mulai dari program mentorship dengan ahli pemasaran hingga kelas pelatihan online untuk mengajarkan penggunaan teknologi digital. (Rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Kanti W Janis: Koperasi Pilihan Utama Mewadahi Proses Kreatif dan Hasilnya

Penulis dan advokat Kanti W Janis mengatakan, badan usaha berbentuk koperasi dapat menjadi solusi bagi para penulis yang selama...

Berita Lainnya