Dunia Politik dan Olahraga tak Bisa Dipisahkan

Menjadi kepala daerah kerap datang dari beragam latar belakang, baik itu profesi sebelumnya, tingkat pendidikan, termasuk dari partai yang mencalonkan. Tugas kepala daerah itu sendiri ialah memimpin pelaksanaan urusan pemerintah, menyusun atau mengajukan rancangan Peraturan Daerah, hingga melaksanakan tugas lain sesuai undang-undang yang ada.

Oleh: Jimmy Reinold
Kader PDI Perjuangan

Meski demikian ada hal menarik yang bisa ditelisik bersama para penggemar sepak bola, khususnya di tanah air. Sebab sebagian kepala daerah ternyata juga pernah, bahkan hingga saat ini masih memimpin sederet klub di Liga 1.

Maka dari itu sejauh ini, dunia politik dan olahraga tidak bisa juga dipisahkan. Sehingga para kepala daerah ini dirasa harus profesional untuk memimpin sebuah klub sepakbola.

Berdasarkan data yang diperoleh, tidak sedikit kepala daerah yang juga ikut memberikan kontribusi bagi tim-tim sepakbola di tanah air.

Misalnya saja, salah satu klub asal Jawa Timur Persela ternyata dibina oleh Bupati Lamongan yakni H Fadeli, pada periode 2016-21 (masa jabatan kedua).

Jelang bergulirnya Liga 1 tahun 2020, Fadeli sempat meminta agar kepala pelatih Nilmaizar dipertahankan usai sukses membawa Persela membaik di paruh kedua.

Berikutnya ada dari Papua, Persipura Jayapura yang juga diketahui dibina langsung oleh Wali Kota Jayapura periode 2017-22, Benhur Tommy Mano.

Bahkan Benhur didaulat sebagai Ketua Umum Persipura. Periode pertama Benhur menjadi Wali Kota Jayapura adalah pada 2011-16 silam.

Selanjutnya ada Persiraja Banda Aceh yang juga dibina oleh kepala daerah, Aminullah Usman Wali Kota Banda Aceh yang menjabat 2017-2022. Aminullah pun sempat bangga karena Persiraja bisa promosi ke Liga 1.

Selain itu ada tim promosi dari Liga 2 2019, Persita Tangerang yang juga dibina oleh seorang kepala daerah, Ahmed Zaki Iskandar Bupati Tangerang periode 2018-2023. Ahmed sangat senang karena Persita kembali bisa promosi ke kasta teratas sepak bola Indonesia.

Terakhir ada Wakil Bupati Pati Saiful ArifinS, wakil bupati Pati petahana. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini memenangkan Pilkada Pati pada 2017, mendampingi Bupati Hariyanto.

Selain sebagai pengusaha, pria kelahiran Mojoagung, Kecamatan Trangkil, Pati ini dikenal sebagai penggemar sepak bola. Saiful juga merupakan Ketua Umum Persipa Pati.

Pada tahun 2019, Saiful pernah bekerja sama dengan pelatih sepak bola profesional Rudy Eka Priyambada mendirikan akademi sepak bola di Kabupaten Pati.

Tidak menutup kemungkinan tim kebanggaan Kota Bekasi, Persipasi juga bisa punya ketua umum baru yang juga menjabat sebagai kepala daerah.

Saat ini sosok yang digadang-gadang yakni Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto yang memang banyak mendapat dukungan dari para pemilik klub anggota Persipasi.

Sebagai seorang Wakil Wali Kota Tri juga saat ini memiliki klub yang dinamai Mas Tri Adhianto Club’ (M tri club’). Tri juga pernah menjadi manager Tim Porda Kota Bekasi tahun 2018.

Penulis yakin Tri Adhianto bisa membawa nama besar Persipasi lolos ke liga 2 bahkan tembus ke liga 1.

Saat ini memang Persipasi sedang fokus untuk bisa mempersiapkan kompetisi liga 3 yang semakin dekat.

Diperkirakan liga 3 regional Jawa Barat akan dimulai bulan Oktober atau November tahun ini.

Sudah waktunya Persipasi punya pimpinan baru, Tri Adhianto yang juga Ketua Partai PDI Perjuangan Kota Bekasi. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Penguatan DPD Ciptakan Dorongan dalam Memperjuangkan Aspirasi Daerah

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan jika DPD merupakan sebuah lembaga perwakilan daerah yang memiliki peran sangat besar dalam...

Berita Lainnya