Pandemi Momentum Reformasi Total terhadap Sisdiknas

Pandemi Covid-19 momentum bagi pemerintah untuk melakukan reformasi total sistem pendidikan nasional (Sisdiknas) dalam era digital ini. Sebab ada fakta baru,┬ámengenai pendidikan jarak jauh atau online dengan sekolah tatap muka. Demikian disampaikan Ketua Umum DPN Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta dalam diskusi Gelora Talk bertajuk ‘Sekolah Tatap Muka, Dilema Pendidikan di Tengah Pandemi Tak Berujung’ di Jakarta, Rabu (15/9/2021) lalu.

Anis mengatakan, pendidikan online selama ini dikecualikan dan sekolah tatap muka menjadi utama. Sekarang terbalik, yang online justru jadi utama dan tatap muka menjadi pengecualian.

“Inilah momentum bagi pemerintah, pandemi seharusnya menjadi pintu gerbang untuk memulai proses reformasi total terhadap sistem pendidikan nasional,” katanya lagi.

Dalam situasi pandemi saat ini, menurut mantan Wakil Ketua DPR RI ini, pemerintah bisa membuat satu program sistem pendidikan nasional baru di era digital. Bahkan, pemerintah juga bisa mengembangkan infrastruktur digital, sehingga akses terhadap pendidikan dan pengetahuan kepada seluruh masyarakat tidak dibatasi sama sekali.

“Sebenarnya di era digital ini, pendidikan sudah bisa gratis. Pada waktu yang sama ada banyak anggaran pendidikan kita yang bisa dipakai untuk meningkatkan gaji guru, begitu juga meningkatkan kualitas guru, mutu pun juga bisa kita tingkatkan, serta akses kepada pengetahuan lebih tidak terbatas,” ujar Anis Matta.

Diskusi yang ditayangkan secara live streaming di Channel YouTube Gelora TV ini dihadiri narasumber Tokoh Pendidikan Indonesia Prof Arief Rahman, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana, serta Ketua Forum Aksi Guru Indonesia, Aktivis Aliansi untuk Pendidikan dan Keselamatan Anak Iwan Hermawan. (Rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya