Azis Syamsuddin Resmi Mundur dari Wakil Ketua DPR Digantikan Lodewijk Freidrich Paulus

Rapat Terbatas DPP Partai Golkar dipimpin langsung Ketua Umum Airlangga Hartarto memutuskan Letjen TNI (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Wakil Ketua DPR RI menggantikan Azis Syamsuddin yang ditetapkan Komisi Pemberantas Korupsi tersangka dugaan suap Dana Alokasi Khusus (DAK) Lampung Tengah. Soal ini dikemukakan Ketua DPP Partai Golkar Firman Soebagyo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (27/9/2021).

Firman mengatakan Golkar melaksanakan rapat terbatas pada pekan lalu, di mana salah satu hasilnya memutuskan Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk Paulus sebagai Wakil Ketua DPR.

“Akhirnya ditentukan hak prerogatif Ketua Umum dan semuanya menyepakati itu, karena jangan sampai terjadi kekosongan. Saya rasa itu tepat,” katanya.

Firman menilai pertimbangan menunjuk Paulus sebagai Wakil Ketua DPR adalah agar bisa mereduksi berbagai kemungkinan di internal Partai Golkar. Diakui semua kader Partai Golkar memiliki potensi dan peluang menduduki jabatan wakil ketua DPR, terutama kader senior.

“Golkar juga harus berkonsentrasi untuk persiapan Pemilu dan pembahasan UU karena kampanye Pemilu diperpendek. Kami harus antisipasi karena tujuannya menang,” katanya.

Selain memutuskan pengganti Azis, rapat terbatas itu juga menyepakati jabatan Wakil Ketua Umum Partai Golkar bidang Politik, Hukum, dan HAM yang ditinggalkan Azis dan akan dijabat Adies Kadir yang sebelum merupakan Ketua DPP Partai Golkar. Rapat juga menyepakati, dia menjadi Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bidang Kesejahteraan Rakyat menggantikan Rumkono yang menjadi duta besar Indonesia untuk Bosnia dan Herzegovina.

“Rapat juga memutuskan terkait HUT Partai Golkar, nanti dibawa dalam Rapat Pleno pada Senin malam. Karena itu sebaiknya ke Kantor DPP Partai Golkar karena akan disampaikan langsung Ketua Umum DPP Partai Golkar,” ujarnya.

Sebelumnya, nama Lodewijk jadi pimpinan DPR menggantikan Azis sudah kencang berhembus. Lodewijk Paulus merupakan politikus Golkar dengan latar belakang militer. Dia pernah menjabat sebagai Danjen Kopassus TNI AD ke-24 periode 2009-2011.

Dia pensiun dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Bahkan Lodewijk, di suatu kesempatan, mengakui dirinya adalah anak buah Luhut Binsar Pandjaitan saat masih bertugas di Satgultor 81 Kopassus TNI AD.

Azis resmi mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 kepada DPP Partai Golkar. Azis sendiri secara otomatis dinonaktifkan sebagai kader partai Golkar berdasarkan Ketentuan Anggaran Rumah Tangga Partai Golkar Pasal 47 ayat 2.

Pengunduran diri Azis itu imbas penetapan status tersangka oleh KPK. Ia diduga bersama dengan mantan Ketua PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Aliza Gunado memberikan uang senilai Rp3 miliar dan US$36 ribu kepada mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju. (Rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya