Tim Jaksa Penyidik Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung memeriksa lima saksi untuk perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi Pembelian Gas Bumi oleh BUMD Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan Tahun 2010-2019.

“Saksi-saksi yang diperiksa antara lain HP karyawan swasta PT PDPDE Gas, yang diperiksa untuk mengetahui transaksi keuangan di PT PDPDE Gas, yang pemeriksaannya dilakukan di Kejaksaan Agung,” jelas Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Terperiksa lainnya, ungkap Leo, adalah W seorang financial controller pada PT Swarna Dwipa Sumsel Gemilang, yang diperiksa terkait Tersangka CISS, Tersangka AN, Tersangka MM, dan Tersangka AYH. Pemeriksaannya dilakukan di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan.

Kemudian, RH selaku mantan Kepala Dinas SDM Pemerintah Provinsi Sumsel, yang diperiksa terkait Tersangka CISS, Tersangka AN, Tersangka MM, dan Tersangka AYH. Pemeriksaan berlangsung di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan.

Selanjutnya NS Plh Direktur Operasi P. PDPDE merangkap Komisaris PT PDPDE Gas pada 2009, yang diperiksa terkait Tersangka CISS, Tersangka AN, Tersangka MM, dan Tersangka AYH. Pemeriksaan di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan.

Terakhir yang diperiksa RY Direktur PT DKLN, diperiksa terkait Tersangka CISS, Tersangka AN, Tersangka MM, dan Tersangka AYH, diperiksa di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan.

“Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi pada Perusahaan Daerah (PD) Pertambangan Dan Energi (PDE) Sumatera Selatan,” pungkas Kapuspenkum. (Rilis)

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *